Menggunakan masker merupakan salah satu cara untuk merawat wajah. Namun, tahukah kamu bahwa masker banyak jenis dan fungsinya? Dari macam-macam masker, kamu bisa memilih masker mana yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kondisi kulit wajahmu. Pada dasarnya, masker terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

Masker Gel/Krim

Masker jenis ini biasanya berbentuk gel, krim, scrub, atau campuran zat padat dan cair lainnya yang disimpan dalam kemasan tabung atau botol. Menggunakan masker ini biasanya dioleskan di wajah dan menunggu sampai kering, lalu dibersihkan dengan air. Manfaat yang didapat, antara lain; mengangkat komedo, sel-sel kulit mati, kotoran dari pori-pori; serta melembapkan, menghaluskan, menutrisi, menyegarkan, dan menghilangkan minyak di wajah. Gel mask, scrub mask, clay mask, cream mask, dan peel-off mask termasuk dalam masker jenis ini.

Masker Alami

Disebut juga natural mask karena bahan-bahannya berasal dari alam, seperti; buah, sayur, alpukat, madu, kopi, dan bahan alami lainnya. Sebelum digunakan, bahan-bahan masker ini harus diproses dahulu agar mudah diaplikasikan di wajah, misalnya; dipotong, ditumbuk hingga halus, atau dicampur air. Setelah masker ini kering, hanya tinggal dibersihkan dengan air. Contoh penggunaan masker ini, yaitu; irisan tomat untuk kulit berjerawat, irisan timun untuk kulit terbakar sinar matahari, dan olesan susu atau madu untuk kulit kering.

Masker Sheet

Masker ini terbuat dari bahan kertas tipis mirip tisu basah dengan bentuk seperti wajah dan berlubang di bagian mata, hidung, dan mulut. Masker ini memiliki banyak varian kandungan dan manfaat masing-masing. Biasanya sheet mask mengandung ekstrak buah, tumbuhan, dan bahan alami lainnya yang berkhasiat untuk merawat kulit wajah. Beberapa manfaat sheet mask, antara lain; menyegarkan, menghaluskan, mencerahkan, serta mengecilkan pori-pori dan mengangkat kotoran di kulit wajah.